Visi
Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP PGRI Semarang sampai dengan tahun 2015 memiliki Visi:
Menjadi fakultas yang menghasilkan tenaga kependidikan dalam bidang Ilmu Pendidikan yang profesional dan berjati diri .
Misi
Misi Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP PGRI Semarang sebagai berikut:
1. Menghasilkan tenaga kependidikan dalam bidang Ilmu Pendidikan yang memiliki kompetensi profesional, pedagogik, kepribadian, dan sosial.
2. Memajukan Ilmu Pendidikan melalui Tri Dharma Perguruan Tinggi yang diwujudkan dalam bentuk kegiatan pendidikan, penelitian, serta pengabdian kepada masyarakat dengan dilandasi budaya akademik yang berjati diri (dilandasi nilai-nilai Pancasila, religi, kebangsaan, kesetiakawanan, pengabdian dan pelayanan) sehingga mampu menghasilkan tenaga kependidikan yang berkualitas dan profesional.
3. Menanamkan sifat (unitaristik, independen dan non partai politik) dan semangat (demokrasi, kekeluargaan, keterbukaan, tanggung jawab etika, moral dan hukum) PGRI.
Tujuan
Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP PGRI Semarang bertujuan:
1. Menghasilkan tenaga kependidikan bidang Ilmu Pendidikan yang memiliki kompetensi profesional, pedagogik, kepribadian, dan sosial.
2. Menjadi: (a) pusat riset pendidikan, (b) pusat pelayanan pendidikan, (c) lembaga sertifikasi tenaga kependidikan, dan (d) lembaga pengembang tradisi/budaya lokal dalam bidang Ilmu Pendidikan dilandasi budaya akademik yang berjati diri (nilai-nilai Pancasila, religi, kebangsaan, kesetiakawanan, pengabdian, dan pelayanan).
3. Menjadi pusat kaderisasi PGRI bidang Ilmu Pendidikan yang bermanfaat untuk peningkatan mutu pendidikan.
Menjadi fakultas yang menghasilkan tenaga kependidikan dalam bidang Ilmu Pendidikan yang profesional dan berjati diri .
Misi
Misi Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP PGRI Semarang sebagai berikut:
1. Menghasilkan tenaga kependidikan dalam bidang Ilmu Pendidikan yang memiliki kompetensi profesional, pedagogik, kepribadian, dan sosial.
2. Memajukan Ilmu Pendidikan melalui Tri Dharma Perguruan Tinggi yang diwujudkan dalam bentuk kegiatan pendidikan, penelitian, serta pengabdian kepada masyarakat dengan dilandasi budaya akademik yang berjati diri (dilandasi nilai-nilai Pancasila, religi, kebangsaan, kesetiakawanan, pengabdian dan pelayanan) sehingga mampu menghasilkan tenaga kependidikan yang berkualitas dan profesional.
3. Menanamkan sifat (unitaristik, independen dan non partai politik) dan semangat (demokrasi, kekeluargaan, keterbukaan, tanggung jawab etika, moral dan hukum) PGRI.
Tujuan
Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP PGRI Semarang bertujuan:
1. Menghasilkan tenaga kependidikan bidang Ilmu Pendidikan yang memiliki kompetensi profesional, pedagogik, kepribadian, dan sosial.
2. Menjadi: (a) pusat riset pendidikan, (b) pusat pelayanan pendidikan, (c) lembaga sertifikasi tenaga kependidikan, dan (d) lembaga pengembang tradisi/budaya lokal dalam bidang Ilmu Pendidikan dilandasi budaya akademik yang berjati diri (nilai-nilai Pancasila, religi, kebangsaan, kesetiakawanan, pengabdian, dan pelayanan).
3. Menjadi pusat kaderisasi PGRI bidang Ilmu Pendidikan yang bermanfaat untuk peningkatan mutu pendidikan.
Fakultas llmu Pendidikan (FIP) IKIP PGRI Semarang memiliki 3 program studi jenjang pendidikan S 1, yaitu:
1.Program studi Psikologi Pendidikan dan Bimbingan (terakreditasi B).
Visi, Misi dan Tujuan Prodi PPB FIP IKIP PGRI Semarang
Visi
Pada tahun 2011-2015 Program Studi Psikologi Pendidikan dan Bimbingan menjadi pusat pendidikan yang menghasilkan guru Bimbingan dan Konseling yang profesional, berjati diri, dan mampu menyesuaikan dengan perkembangan zaman.
Misi
Misi Program Studi Psikologi Pendidikan dan Bimbingan dapat dirumuskan sebagai berikut:
1.Menyelenggarakan pendidikan untuk menghasilkan guru BK yang memiliki kompetensi profesional, pedagogik, kepribadian, dan sosial.
2.Menyelenggarakan penelitian di bidang Psikologi Pendidikan dan Bimbingan untuk pengembangan ilmu dalam bidang Psikologi Pendidikan dan Bimbingan.
3.Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat berbasis penelitian dengan melibatkan mahasiswa untuk mengasah kepekaan dan kepedulian sosial mahasiswa, memecahkan masalah pendidikan dan sosial kemasyarakatan.
4.Mengembangkan jejaring kerja sama dengan lembaga pemerintah/non-pemerintah untuk pemantapan kinerja program studi, peningkatan kualitas dan akseptabilitas lulusan.
Tujuan
Tujuan Penyelenggaraan Program Studi Psikologi Pendidikan dan Bimbingan:
1. Menghasilkan guru BK yang bermartabat yang memiliki kompetensi profesional, pedagogik, kepribadian, dan sosial.
2. Menghasilkan penelitian yang berkualitas di bidang Psikologi Pendidikan dan Bimbingan.
3. Menghasilkan pengabdian kepada masyarakat yang berkualitas berbasis penelitian.
4. Menghasilkan jejaring kerja sama dengan lembaga pemerintah/non-pemerintah untuk pemantapan kinerja program studi, peningkatan kualitas dan akseptabilitas lulusan.
2.Program studi PAUD
Visi
PS PG-PAUD FIP IKIP PGRI Semarang adalah menjadi program studi yang menghasilkan guru PAUD yang profesional dan berjatidiri.
Misi
PS PG-PAUD FIP IKIP PGRI Semarang adalah :
1. Menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi profesional, pedagogik, kepribadian dan sosial.
2. Mengembangkan kegiatan akademik yang berjati diri (dilandasi dengan Pancasila, religi, kebangsaan, kesetiakawanan, pengabdian, dan pelayanan).
3. Mengembangkan kemampuan peneliti inovatif bagi lulusan PG PAUD dalam rangka mengembangkan ilmu pendidikan khususnya untuk anak usia dini.
4. Mengembangkan kemampuan pengabdian kepada masyarakat bagi lulusan PG PAUD dalam rangka mengaplikasikan ilmu pendidikan khususnya untuk anak usia dini.
Tujuan
PS PG-PAUD FIP IKIP PGRI Semarang
1. Menghasilkan guru PAUD yang memiliki kompetensi profesional, pedagogik, kepribadian dan sosial.
2. Menghasilkan guru PAUD yang berjati diri (dilandasi nilai-nilai Pancasila, religi, kebangsaan, kesetiakawanan, pengabdian dan pelayanan).
3. Menghasilkan guru PAUD yang mampu melakukan penelitian untuk mewujudkan pusat Riset PAUD.
4. Menghasilkan guru PAUD yang mampu mengaplikasikan bidang keilmuan PAUD sebagai bentuk layanan kepada masyarakat yang berkualitas untuk pendidikan anak usia dini sebagai bentuk pengabdian.
1.Program studi Psikologi Pendidikan dan Bimbingan (terakreditasi B).
Visi, Misi dan Tujuan Prodi PPB FIP IKIP PGRI Semarang
Visi
Pada tahun 2011-2015 Program Studi Psikologi Pendidikan dan Bimbingan menjadi pusat pendidikan yang menghasilkan guru Bimbingan dan Konseling yang profesional, berjati diri, dan mampu menyesuaikan dengan perkembangan zaman.
Misi
Misi Program Studi Psikologi Pendidikan dan Bimbingan dapat dirumuskan sebagai berikut:
1.Menyelenggarakan pendidikan untuk menghasilkan guru BK yang memiliki kompetensi profesional, pedagogik, kepribadian, dan sosial.
2.Menyelenggarakan penelitian di bidang Psikologi Pendidikan dan Bimbingan untuk pengembangan ilmu dalam bidang Psikologi Pendidikan dan Bimbingan.
3.Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat berbasis penelitian dengan melibatkan mahasiswa untuk mengasah kepekaan dan kepedulian sosial mahasiswa, memecahkan masalah pendidikan dan sosial kemasyarakatan.
4.Mengembangkan jejaring kerja sama dengan lembaga pemerintah/non-pemerintah untuk pemantapan kinerja program studi, peningkatan kualitas dan akseptabilitas lulusan.
Tujuan
Tujuan Penyelenggaraan Program Studi Psikologi Pendidikan dan Bimbingan:
1. Menghasilkan guru BK yang bermartabat yang memiliki kompetensi profesional, pedagogik, kepribadian, dan sosial.
2. Menghasilkan penelitian yang berkualitas di bidang Psikologi Pendidikan dan Bimbingan.
3. Menghasilkan pengabdian kepada masyarakat yang berkualitas berbasis penelitian.
4. Menghasilkan jejaring kerja sama dengan lembaga pemerintah/non-pemerintah untuk pemantapan kinerja program studi, peningkatan kualitas dan akseptabilitas lulusan.
2.Program studi PAUD
Visi
PS PG-PAUD FIP IKIP PGRI Semarang adalah menjadi program studi yang menghasilkan guru PAUD yang profesional dan berjatidiri.
Misi
PS PG-PAUD FIP IKIP PGRI Semarang adalah :
1. Menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi profesional, pedagogik, kepribadian dan sosial.
2. Mengembangkan kegiatan akademik yang berjati diri (dilandasi dengan Pancasila, religi, kebangsaan, kesetiakawanan, pengabdian, dan pelayanan).
3. Mengembangkan kemampuan peneliti inovatif bagi lulusan PG PAUD dalam rangka mengembangkan ilmu pendidikan khususnya untuk anak usia dini.
4. Mengembangkan kemampuan pengabdian kepada masyarakat bagi lulusan PG PAUD dalam rangka mengaplikasikan ilmu pendidikan khususnya untuk anak usia dini.
Tujuan
PS PG-PAUD FIP IKIP PGRI Semarang
1. Menghasilkan guru PAUD yang memiliki kompetensi profesional, pedagogik, kepribadian dan sosial.
2. Menghasilkan guru PAUD yang berjati diri (dilandasi nilai-nilai Pancasila, religi, kebangsaan, kesetiakawanan, pengabdian dan pelayanan).
3. Menghasilkan guru PAUD yang mampu melakukan penelitian untuk mewujudkan pusat Riset PAUD.
4. Menghasilkan guru PAUD yang mampu mengaplikasikan bidang keilmuan PAUD sebagai bentuk layanan kepada masyarakat yang berkualitas untuk pendidikan anak usia dini sebagai bentuk pengabdian.
3.Program studi PGSD
Visi. Misi dan Tujuan Prodi PGSD FIP IKIP PGRI Semarang
Visi
Tahun 2011-2015 PS Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) jenjang S-1 IKIP PGRI Semarang memiliki visi "Menjadi Program Studi yang menghasilkan Guru Sekolah Dasar yang profesional dan berjatidiri".
Misi
Untuk mewujudkan visi tersebut, PS PGSD jenjang S-1 FIP IKIP PGRI Semarang, memiliki misi sebagai berikut:
1. Menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi profesional, pedagogik, kepribadian dan sosial,
2. Mengembangkan kegiatan akademik yang dilandasi nilai-nilai Pancasila, religi, kebangsaan, dan kesetiakawanan.
3. Mengembangkan kemampuan calon guru SD khususnya menjadi guru kelas dalam proses pembelajaran yang berkualitas,
4. Mengembangkan kemampuan calon guru SD khususnya menjadi guru kelas dalam melaksanakan kegiatan penelitian pendidikan,
5. Mengembangkan kemampuan calon guru SD dalam meningkatkan kecakapan hidup(life skill).
6. Mengembangkan kemandirian dan sifat unitaristik.
Tujuan
Tujuan diselenggarakannya PS Pendidikan Guru Sekolah Dasar jenjang S-1 pada FIP IKIP PGRI Semarang adalah:
1.Menghasilkan tenaga guru tingkat satuan pendidikan dasar yang menguasai materi pelajaran secara luas dan mendalam yang memungkinkan membimbing peserta didik memenuhi standar kompetensi yang ditetapkan dalam standar Nasional Pendidikan.
2.Menghasilkan tenaga guru tingkat satuan pendidikan dasar yang mampu mengelola pembelajaran peserta didik, perancangan, dan pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil belajar, dan pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasi berbagai potensi yang dimiliki peserta didik.
3.Menghasilkan tenaga guru tingkat satuan pendidikan dasar yang memiliki kepribadian guru yang mantap, berakhlak mulia, berwibawa, dan menjadi teladan bagi peserta didik.
4.Menghasilkan tenaga guru tingkat satuan pendidikan dasar yang mampu menjadi bagian dari masyarakat untuk berkomunikasi dan bergaul secara selektif dengan peserta didik, sesama pendidik, tenaga kependidikan, orang tua/wali peserta didik dan masyarakat sekitar.
5. Menghasilkan tenaga guru tingkat satuan pendidikan dasar yang mampu melaksanakan kegiatan pendidikan yang dilandasi nilai-nilai Pancasila, religi, kebangsaan, kesetiakawanan dan pengabdian.
6. Menghasilkan tenaga guru tingkat satuan pendidikan dasar yang mampu berkompetisi dalam era global.
7. Menghasilkan tenaga guru tingkat satuan pendidikan dasar yang memiliki kompetensi dalam penelitian pendidikan
8. Menghasilkan tenaga guru tingkat satuan pendidikan dasar yang memiliki kemampuan dalam meningkatkan kecakapan hidup(life skill).
9. Menghasilkan tenaga guru tingkat satuan pendidikan dasar yang memiliki kemandirian dan sifat unitaristik.
Arah pengembangan FIP difokuskan pada pencetakan tenaga pendidik yang profesional, pembentukan praktisi bidang kependidikan dan penciptaan peneliti-peneliti handal yang mampu mengembangkan dunia pendidikan. Lulusan FIP dapat mengembangkan dunia pendidikan menjadi lebih maju, sehat dan unggul.
FIP memiliki berbagai fasilitas yang representatif mulai dari ruang kuliah yang nyaman, perpustakaan yang lengkap, laboratorium microteaching yang canggih/modern, laboratorium Bimbingan Konseling (BK), laboratorium Taman Kanak-kanan (TK), laboratorium musik, ruang pelayanan administrasi akademik dengan sistem LAN dan fasilitas hotspot untuk seluruh area kampus.
Visi
Tahun 2011-2015 PS Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) jenjang S-1 IKIP PGRI Semarang memiliki visi "Menjadi Program Studi yang menghasilkan Guru Sekolah Dasar yang profesional dan berjatidiri".
Misi
Untuk mewujudkan visi tersebut, PS PGSD jenjang S-1 FIP IKIP PGRI Semarang, memiliki misi sebagai berikut:
1. Menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi profesional, pedagogik, kepribadian dan sosial,
2. Mengembangkan kegiatan akademik yang dilandasi nilai-nilai Pancasila, religi, kebangsaan, dan kesetiakawanan.
3. Mengembangkan kemampuan calon guru SD khususnya menjadi guru kelas dalam proses pembelajaran yang berkualitas,
4. Mengembangkan kemampuan calon guru SD khususnya menjadi guru kelas dalam melaksanakan kegiatan penelitian pendidikan,
5. Mengembangkan kemampuan calon guru SD dalam meningkatkan kecakapan hidup(life skill).
6. Mengembangkan kemandirian dan sifat unitaristik.
Tujuan
Tujuan diselenggarakannya PS Pendidikan Guru Sekolah Dasar jenjang S-1 pada FIP IKIP PGRI Semarang adalah:
1.Menghasilkan tenaga guru tingkat satuan pendidikan dasar yang menguasai materi pelajaran secara luas dan mendalam yang memungkinkan membimbing peserta didik memenuhi standar kompetensi yang ditetapkan dalam standar Nasional Pendidikan.
2.Menghasilkan tenaga guru tingkat satuan pendidikan dasar yang mampu mengelola pembelajaran peserta didik, perancangan, dan pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil belajar, dan pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasi berbagai potensi yang dimiliki peserta didik.
3.Menghasilkan tenaga guru tingkat satuan pendidikan dasar yang memiliki kepribadian guru yang mantap, berakhlak mulia, berwibawa, dan menjadi teladan bagi peserta didik.
4.Menghasilkan tenaga guru tingkat satuan pendidikan dasar yang mampu menjadi bagian dari masyarakat untuk berkomunikasi dan bergaul secara selektif dengan peserta didik, sesama pendidik, tenaga kependidikan, orang tua/wali peserta didik dan masyarakat sekitar.
5. Menghasilkan tenaga guru tingkat satuan pendidikan dasar yang mampu melaksanakan kegiatan pendidikan yang dilandasi nilai-nilai Pancasila, religi, kebangsaan, kesetiakawanan dan pengabdian.
6. Menghasilkan tenaga guru tingkat satuan pendidikan dasar yang mampu berkompetisi dalam era global.
7. Menghasilkan tenaga guru tingkat satuan pendidikan dasar yang memiliki kompetensi dalam penelitian pendidikan
8. Menghasilkan tenaga guru tingkat satuan pendidikan dasar yang memiliki kemampuan dalam meningkatkan kecakapan hidup(life skill).
9. Menghasilkan tenaga guru tingkat satuan pendidikan dasar yang memiliki kemandirian dan sifat unitaristik.
Arah pengembangan FIP difokuskan pada pencetakan tenaga pendidik yang profesional, pembentukan praktisi bidang kependidikan dan penciptaan peneliti-peneliti handal yang mampu mengembangkan dunia pendidikan. Lulusan FIP dapat mengembangkan dunia pendidikan menjadi lebih maju, sehat dan unggul.
FIP memiliki berbagai fasilitas yang representatif mulai dari ruang kuliah yang nyaman, perpustakaan yang lengkap, laboratorium microteaching yang canggih/modern, laboratorium Bimbingan Konseling (BK), laboratorium Taman Kanak-kanan (TK), laboratorium musik, ruang pelayanan administrasi akademik dengan sistem LAN dan fasilitas hotspot untuk seluruh area kampus.
Categories:
A. Beranda
Komentar baru tidak diizinkan.