PPB / BK IKIP PGRI SEMARANG

Definisi Persuasi
              Istilah  persuasi  (persuasion)  bersumber  dari  perkataan  latin,  yaitu persuasio,  yang  kata  kerjanya  adalah  persuadere,  yang  berarti  membujuk, mengajak atau merayu.
              Nothstine  (1991)  memberi  batasan  persuasi  sebagai  setiap  usaha  untuk mempengaruhi tindakan atau penilaian orang lain dengan cara berbicara atau menulis kepada mereka.
              Brembeck  and  Howell  (1952)  mendefinisikan  persuasi  sebagai  usaha sadar  untuk  mengubah  pikiran  dan  tindakan  dengan  memanipulasikan  motif orang ke arah tujuan yang sudah ditetapkan.
              Andersen  (1972)  membatasi  pengertian  persuasi  sebagai  suatu  proses komunikasi  interpersonal,  di  mana  komunikator  berupaya  dengan menggunakan  lambang-lambang  untuk  mempengaruhi  kognisi  penerima. Jadi,  secara  sengaja  mengubah  sikap  atau  kegiatan,  seperti  yang  diinginkan komunikator.
              Dalam  memahami  konsep  persuasif,  Bettinghause  (1973)  menjelaskan: "Agar  bersifat  persuasif,  suatu  situasi  komunikasi  harus  mengandung  upaya yang dilakukan seseorang dengan sadar untuk mengubah perilaku orang lain atau sekelompok orang lain dengan menyampaikan beberapa pesan.
              Sementara  itu,  Larson  (1986)  mengartikan  persuasi  sebagai  penciptaan bersama  dari  suatu  pernyataan  identifikasi  atau  kerja  sama  di  antara  sumber pesan  dengan  penerima  pesan  yang  diakibatkan  oleh  penggunaan  simbol-simbol.
              Applebaum  dan  Anatol  (1974)  mendefinisikan  persuasi  sebagai  "Proses komunikasi  yang  kompleks  pada  saat  individu  atau  kelompok  mengungkap-kan  pesan,  baik  disengaja ataupun  tidak,  melalui  cara-cara  verbal  dan nonverbal  untuk  memperoleh  respons  tertentu  dari  individu  atau  kelompok lain.
              Ilardo (1981) mendefinisikan persuasi sebagai communicative prosess of altering  the  beliefs,  attitudes,  intentions,  or  behavior  of  another  by  the conscious  or  unconscious  use  of  words  and  nonverbal  messages  (Persuasi adalah  proses  komunikatif  untuk  mengubah  kepercayaan,  sikap,  perhatian atau perilaku baik secara dasar maupun tidak dengan menggunakan kata-kata dan pesan non-verbal). 

Makalah Persuasi (Psikologi Sosial)

Categories:

Leave a Reply

Silahkan berkomentar dengan sopan.