TUGAS
INDIVIDU
BAHAYA MINUMAN
KERAS
Disusun untuk memenuhi tugas individu
mata kuliah Penilaian
Pendidikan.
Dosen Pengampu : Agus Setiawan, S.pd
Disusun Oleh:
Nama
: Ratih Kusumadewi
NPM: : 10110208
Kelas : 4E
PSIKOLOGI
PENDIDIKAN DAN BIMBINGAN
FAKULTAS
ILMU PENDIDIKAN
IKIP
PGRI SEMARANG
2012
SATUAN LAYANAN DAN KEGIATAN PENDUKUNG
BIMBINGAN DAN KONSELING
Tugas Perkembangan No.5 Mencapai Kesadaran Tanggung Jawab Sosial
No. Satlan : .........
Nama
sekolah : SMK N 5 Kendal
Kelas/Semester : X / I
Alokasi
waktu : 1 x 45 menit
Topik
bahasan : Bahaya Miras Bagi Kesehatan
Bidang
bimbingan : Sosial
Jenis
layanan : Informasi
Fungsi
layanan : Pemahaman dan Pencegahan
I.
Tujuan layanan/Hasil
yang diinginkan
1.
Siswa dapat mengetahui apa itu miras dan dampaknya bagi kesehatan.
2.
Siswa dapat menjaga kesehatan dengan tidak mengkonsumsinya.
Manfaat
1. Siswa menjadi enggan untuk mengkonsumsi miras
2. Siswa dapat mengetahui bahaya miras bagi kesehatannya.
II.
Nilai dan karakter
Nilai : Kreatif, kerja keras
Karakter :
1.
menggunakan berbagai
kemampuan intelegensi untuk menyelesaikan tugas
2.
mengerjakan tugas
secara maksimal
3.
tidak mudah putus
asa
4.
menciptakan suasana belajar
yang optimal
III.
Materi Ajar (materi
pokok)
·
Pengertian Miras
·
Cara
Penangulanginya
IV.
Metode pembelajaran
1. Ceramah
2. Roleplaying
3. Diskusi
4. Tanya jawab
V.
Media dan Biaya
Media :
Power point , LCD, Laptop, Spidol
Biaya :
Mandiri
VI.
Strategi
pembelajaran
No
|
Pertemuan
|
Kegiatan
|
Nilai Karakter
|
|
Pembimbing
|
Siswa
|
|||
1
|
Pendahuluan
|
-
Salam pembuka
-
Berdoa
-
Presensi
- Apersepsi
|
- Menjawab
- Mendengarkan
- Menanggapi
|
-Religius,Santun, Tertib
|
2
|
Inti
Eksplorasi
|
·
Menciptaan
hubungan baik dan mendorong ketertiban siswa
·
Memberikan
informasi kompetensi dan indicator
·
Menanyakan sejauh
mana siswa Miras dan dampaknya
bagi kesehatan.
|
- Merespon baik
- Memperhatikan
- Mengikuti
- Menjawab Pertanyaan
|
-Mandiri,berpikir logis,kreatif
-Berfikir Logis,aktif,mandiri,kreatif
-Kreatif,memahami diri,bertanggung
jawab,mandiri,berfikir Logis,percaya diri
|
Elaborasi
|
-Mendomenstrasikan
materi melalui permainan dengan memberikan intruksi terlebih dahulu
-Mengambil kesimpulan materi yang
didemonstrasikan
-Mengajak siswa
untuk merumuskan kegiatan pokok dan kegiatan pendukung yang perlu dijalani.
|
-Mendengarkan
penjelasan dengan baik dan memperhatikan guru pembimbing
-Tanya jawab
Demonstrasi
permainan dengan guru pembimbing
-Siswa aktif
merumuskan kegiatan pokok
|
-Santun, Bertanggung Jawab,Tertib,
Mandiri,aktif
Kreatif,aktif,percaya diri,mandiri
Berpikir logis,kerja sama,saling
menghargai, Bertanggung Jawab, Santun, Kritis
Kreatif,aktif,percaya diri,mandiri
Berpikir logis,kerja sama,saling menghargai,
Bertanggung Jawab, Santun, Kritis
|
|
Konfrontasi
|
-Memberikan konfirmasi terhadap hasil Eksplorasi dan Elaborasi
(Mari kita membahas bersama-sama hasil
presentasi teman-teman kalian )
-Memberikan umpan balik,motivasi, penguatan terhadap siwa
|
-Tanya jawab
materi yang belum dipahami
-Siswa termotivasi dan menerima umpan
|
-Percaya diri, berfikir logis, Kritis,
mandiri, Jujur,mengetahui kelebihan & kekurangan,kritis,
percaya diri
-Jujur,mengetahui kelebihan &
kekurangan, Peduli,percaya diri Santun, Peduli,Berpikir logis,kritis,percaya
diri
|
|
4
|
Penutup
|
-Bersama-sama dengan siswa menyimpulkan materi.
-Doa dan Pemberian Salam
|
-Siswa Menyimpulkan materi bersama guru
pembimbing
-Siswa merespon dengan membaca doa
sesuai dengan kepercayaan dan keyakinan
|
-Kerja sama,kritis,logis
Jujur,saling menghargai,saling membantu
-Religius,percaya diri,santun,peduli
|
VII.
Bahan dan sumber
belajar
·
Artikel
·
Materi Terlampir
VIII.
Rencana penilaian
dan tindak lanjut
1)
Penilaian proses
a.
Program : mengamati dan memperhatikan kesungguhan
siswa dan antusias siswa dalam mendengarkan dan menjawab penjelasan dan
pertanyaan guru pembimbing
b.
Hasil : mengevaluasi tentang
· Pemahaman siswa tentang Miras dan
dampaknya bagi kesehatan
· Pengetahuan siswa dalam memahami cara-cara
mengurangi dampak miras
2)
Tindak lanjut layanan
·
Memantau perkembangan siswa setelah layanan diberikan
IX.
Keterkaitan layanan dengan satuan pendukung
·
Sebagai sumber materi layanan
X.
Catatan Khusus : -
Semarang,
7 November
2011
Mengetahui,
Praktikan,
Ratih Kusumadewi
NPM. 10110208
BAB
I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Alkohol berupa cairan bening … tidak berwarna, berbau
khas, dan mudah menguap. Alkohol dapat di peroleh dari hasil fermentasi atau
peragian madu, Gula, sari buah, atau umbi umbian oleh mikroorganisme. Minuman
dari hasil peragian dapat menghasilkan alkohol sampai 15%, tetapi dengan proses
penyulingan atau distilasi dapat di hasilkan alkohol 100%. Penyayan yg di
hasilkan dari proses peragian merupakan komponen aktif dalam minuman bir,
anggur, dan wiski.
B.
Rumusan Masalah
Adapun rumusan masalah
yang dibahas dalam makalah ini, antara lain :
1. Apa yang dimaksud dengan Miras?
2. Apa dampaknya bagi Kesehatan?
3. Bagaimana cara mengatasi masalah ini?
C.
Tujuan
Adapun tujuan dibuatnya
makalah ini adalah untuk :
1. Mengetahui Bahaya Miras
2. Mengetahui dampaknya
3. Memahami cara menanganinya
BAB II
ISI
Bahaya minuman keras
Minuman keras atau minuman beralkohol juga termasuk zat adiktif. Minuman keras dibedakan menjadi 3 golongan yaitu :
- Golongan A yaitu minuman keras yang berkadar alkohol 1%-5%, contohnya: Bir.
- Golongan B yaitu minuman keras yang berkadar alkohol 5%-20%, contohnya: Anggur/wine.
- Golongan C yaitu minuman keras yang berkadar alkohol 20%-45%, contohnya: arak, wiski, vodka.
Namun
zat organik yang terdapat dalam alkohol adalah etanol atau etil alkohol
(C2H5OH). Alkohol berupa cairan bening … tidak berwarna, berbau khas, dan mudah
menguap. Alkohol dapat di peroleh dari hasil fermentasi atau peragian madu,
Gula, sari buah, atau umbi umbian oleh mikroorganisme. Minuman dari hasil
peragian dapat menghasilkan alkohol sampai 15%, tetapi dengan proses
penyulingan atau distilasi dapat di hasilkan alkohol 100%. Penyayan yg di
hasilkan dari proses peragian merupakan komponen aktif dalam minuman bir,
anggur, dan wiski.
Jika
kita minum alkohol dalam jumlah banyak dapat menekan aktivitas otak bagian
atas, sehingga menghilangkan kesadaran. Pemakaian alkohol dalam jangka
waktu lama dapat menginduksi dan meningkatkan metabolisme obat obatan … mengurangi
timbunan vitamin A dalam hati, meningkatkan aktivitas zat-zat racun yg terdapat
pada hati dan zat zat yg dapat menimbulkan kanker, menghambat pembentukan
protein dan menyebabkan gangguan fungsi hati. Pemakain alkohol dapat
menyebabkan ketagihan sehingga termasuk dalam zat adiktif.
Alkohol
yg diminum akan cepat diserap ke dalam pembuluh darah kemudian di sebarluaskan
ke seluruh jaringan dan cairan tubuh. Semakin tinggi kadar alkohol dalam
minuman.. akan akan semakin cepat penyerapan ke dalam darah kita. Di dalam
hati.. alkohol akan dioksidasi atau dibakar. Apabila alkohol yang diminum
terlalu banyak, tidak semua alkohol masuk ke hati, sisa alkohol akan tinggal di
dalam darah dan akan dibawa sampai otak. Di dalam otak apabila kadar alkohol
masih sediki, maka peminum akan, mengalami euphoria (perasaan gembira dan
nyaman). Tetapi jika masuknya alkohol makin lama makin banyak akibat minuman
alkohol secara terus menerus maka orang itu akan mengantuk dan tertidur bahkan
dapat meninggal.
Akibat
yg ditimbulkan dari minum minuman beralkohol:
Pengaruh langsung
setelah minum :
- kehilangan keseimbangan tubuh
- pusing.. merasa gembira.. kulit menjadi merah
- perasaan ingatan menjadi tumpul
- dalam dosis tinggi menjadi mabok.. tindakan tidak terkontrol.. dan kendali diri berkurang
Pengaruh pada system
pernapasan : denyut jantung dan pernapasan lambat
Pada system
pencernaan :
- selera makan hilang dan kekurangan makan
- peradangan hati
- kanker mulut.. kerongkongan dan lambung
- luka dan radang lambung
Pada system jantung
dan pembulu darah
- pembengkakan jantung
- kegagalan fungsi jantung
Pada system
reproduksi dan pengaruh pada bayi :
- pada ibu hamil dapat menyebabkan cacat bayi yg dikandung, abortus, kelahiran premature
- pada pria dapat menyebabkan impotensi
Pada system saraf
pusat :
- menghambat fungsi otak yg mengontrol pernapasan dan denyut jantung sehingga dapat menimbulkan kematian
- dapat menyebabkan hilangnya memory (amnesia) sakit jiwa.. kerusakan tetap pada otak dan system saraf.
BAB III
PENUTUP
A.
Kesimpulan
Alkohol berupa cairan bening … tidak berwarna, berbau
khas, dan mudah menguap. Alkohol dapat di peroleh dari hasil fermentasi atau
peragian madu, Gula, sari buah, atau umbi umbian oleh mikroorganisme. Minuman
dari hasil peragian dapat menghasilkan alkohol sampai 15%, tetapi dengan proses
penyulingan atau distilasi dapat di hasilkan alkohol 100%. Penyayan yg di
hasilkan dari proses peragian merupakan komponen aktif dalam minuman bir,
anggur, dan wiski.
B.
Saran
Dalam
makalah ini, saya
susun dengan sebaik-baiknya. Penyusun
merefrensi dari berbagai sumber informasi dari buku maupun media
elektronik. Kami menyadari makalah ini kurang dari sempurna. Apabila ada kritik dan saran, saya sebagai penyusun
menerima dengan terbuka.
Categories:
GA. Penilaian Pendidikan